Sakit Pinggang Saat Hamil

sakit pinggang saat hamil

Keluhan sakit pinggang saat hamil adalah hal yang sangat wajar terjadi. Bagaimana tidak? Berat badan si ibu naik, gaya berjalan pun berubah, hormon-hormon membuat semua otot dan ligamen di seluruh tubuh menjadi tegang.

Menurut penelitian, sekitar 50 persen ibu hamil sering mengeluhkan sakit pinggang saat hamil. Penyebab kecenderungan nyeri / sakit pinggang saat hamil antara lain disebabkan oleh pertambahan berat badan ibu hamil sebagai konsekuensi perubahan tubuh dan perkembangan janin beserta perangkatnya seperti plasenta, air ketuban, dan rahim.

Dan ada kondisi-kondisi tertentu yang akan menyebabkan rasa sakit pinggang saat hamil semakin terasa atau semakin bertambah parah. Misalnya pada kondisi tertentu dimana ibu hamil bersandar pada punggung, duduk tegak di kursi, berguling saat tidur di malam hari, tidak mengubah posisi tidur, bangun dari tempat tidur, atau bangun berdiri dari kursi.

Meski wajar terjadi, sakit pinggang saat hamil jangan diabaikan. Malah harus diperhatikan.

Lalu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengurangi rasa sakit pinggang saat hamil adalah :

  1. Hindari duduk terlalu lama, cobalah untuk lebih sering mengubah posisi atau lebih sering bergerak dari posisi duduk.
  2. Hindari gerakan-gerakan memutar, membengkokkan atau banyak membungkukkan punggung.
  3. Ketika duduk, coba angkat kaki, luruskan dan letakkan pada bangku atau meja.
  4. Hindari terlalu sering mengubah posisi saat tidur. Saat awal kehamilan usahakan tidur dalam posisi terlentang. Memasuki trimester ketiga, ibu hamil bisa tidur dalam posisi miring ke kiri atau menggunakan bantal untuk mengganjal punggung.
  5. Hindari memakai pakaian terlalu ketat selama kehamilan karena aliran darah bisa tertahan sehingga suplai oksigen ke otot menjadi berkurang. Akibatnya bisa timbul rasa nyeri (sakit) pada punggung.
  6. Pakailah sepatu bersol rendah. Kenakan juga celana khusus hamil dengan garis pinggang rendah dan dapat mendukung perut.
  7. Hati-hati saat mengangkat barang. Ketika mengangkat benda kecil, berjongkoklah dan angkat badan dengan kedua kaki. Jangan membungkukkan pinggang atau mengangkat dengan punggung. Selain itu, jangan mengangkat benda yang berat. Tidak ada salahnya untuk meminta tolong untuk mengangkat benda tertentu.
  8. Pijat atau memakai heating pad. Pakailah heating pad untuk menghangatkan punggung. Atau bergantian antara kompres panas dan dingin. Mengusap-usap punggung juga bisa membantu mengurangi sakit pinggang saat hamil. Lebih baik lagi jika ada orang lain yang bisa mengusap punggung Anda. Atau jadwalkan pijat prenatal dengan pemijat profesional.
  9. Masukkan kegiatan fisik dalam rutinitas sehari-hari.
  10. Latihan fisik secara reguler dapat membantu memperkuat punggung dan bisa menghilangkan sakit pinggang saat hamil. Dengan persetujuan dokter, lakukan aktivitas ringan, seperti berenang atau berjalan kaki.

Minyak Obat Mas mengatasi sakit pinggang saat hamil
Menurut penelitian, tusuk jarum dapat mengurangi sakit pinggang selama kehamilan. Namun tidak setiap wanita mau melakukan tusuk jarum, apalagi saat hamil . takut nanti terjadi apa-apa pada kondisi bayi.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut kini telah hadir sebuah herbal asli Indonesia yang cara kerjanya mirip dengan teknik akupuntur, yaitu mengaktifkan simpul-simpul energi “CHI” yang ada dalam tubuh, tanpa menggunakan jarum. Namanya Minyak Obat Mas.
Minyak obat Mas membantu merangsang simpul-simpul energi yang ada dalam tubuh,sehingga membantu kelancaran peredaran darah sehingga sakit pinggang saat hamil bisa teratasi dengan cepat.

Cara pakai Minyak Obat Mas untuk ibu-ibu yang menderita sakit pinggng saat hamil
Balurkan dan gosokkan pada pinggang. Lakukan beberapa kali sampai sakit hilang. Minyak Obat Mas segera mengatasi sakit pinggang saat hamil yang anda derita.
 

Incoming search terms:

August 3, 2011 · santoherbal · No Comments
Tags: , , , , ,  · Posted in: kesehatan

Leave a Reply